aplikasi grafis

1.Apakah yang dimaksud citra grafik komputer?
* Atribut – atribut yang ada pada suatu citra, meliputi warna grafik, resolusi grafik, tipe file.
2. Apakah yang dimaksud resolusi citra grafis?
* resolusi citra grafis adalah jumlah pixel yang dimiliki suatu citra sehingga dapat menjelaskan kualitas suatu citra grafis (gambar).
3.Jelaskan perbedaan antara citra grafis dan citra vector?
Citra grafis : Terdiri atas kumpulan pixel dengan warna tertentu, Resolution dependent, memerlukan ruang penyimpanan yang relative lebih besar
Citra vector: Terdiri atas kurva dan garis bedasarkan rumus matematis, Resolution Independent, memerlukan ruang penyimpanan yang relative lebih kecil

4.Apakah perbedaan antara mode warna CMYK dan RGB?
* CMKY: Digunakan untuk pencetakan dengan separasi warna.
RGB: Digunakan untuk visualisasi di monitor komputer.
5.Apakah yang dimaksud dengan istilah rasterize?
* Konversi atau citra vector ke citra bitmap

Latihan 1.2

1.Sebutkan (minimal 3) program aplikasi grafis berbasis vektor?
* Macromedia Freehand, Coreldraw, Adobe Illustrator
2.Sebutkan (minimal 3) program aplikasi grafis berbasis bitmap?
* Windows paint, Adobe PhotoShop, Microsoft Photo Editor
3.Jelaskan istilah CAD?
* Computer Aided Design adalah suatu program komputer untuk menggambar suatu produk atau bagian dari suatu produk. Produk yang ingin digambarkan bisa diwakili oleh garis-garis maupun simbol-simbol yang memiliki makna tertentu. CAD bisa berupa gambar 2 dimensi dan gambar 3 dimensi.


LATIHAN 1.3

1.Buatlah ulasan singkat mengenai macromedia freehand sebagai program aplikasi grafis berbasis vektor! Gunakan literature di perpustakaan atau di internet!

* Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X.
Macromedia FreeHand sangatlah mirip dalam pangsa pasar dan fungsionalitasnya dengan Adobe Illustrator. FreeHand diciptakan oleh Altsys dan dilisensikan ke Aldus, yang mengeluarkan versi 1 sampai dengan 4. Ketika Aldus bergabung dengan Adobe Systems, karena tumpang tindih pangsa pasar dengan Adobe Illustrator, maka Adobe mengembalikan FreeHand ke Altsys segera setelah merger (setelah sejumlah intervensi legal oleh Komisi Dagang Federal). Altsys kemudian dibeli oleh Macromedia, yang mengeluarkan FreeHand 5.0, 5.5 (Khusus Mac), 7, 8, 9, 10 dan 11/MX. Pada tahun 2005 Adobe membeli Macromedia, yang secara tak langsung mengembalikan FreeHand ke Adobe.
Sebagai sebuah aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web.
Versi terbarunya, FreeHand 11, dipasarkan sebagai FreeHand MXa, yang menunjukkan integrasinya dengan garis produk Macromedia MX, yang juga meliputi Macromedia Flash, Macromedia Dreamweaver, dan Macromedia Fireworks, serta masih banyak lagi yang lainnya.

2.Buatlah ulasan singkat mengenai Adobe PhotoShop sebagai program aplikasi grafis berbasis bitmap! Gunakan literature di perpustakaan atau di internet!
*Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.
Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , dan versi yang terakhir (kesebelas) adalah Adobe Photoshop CS4.
Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

Posting Komentar